PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Peer Review)

Anwar, Yenny (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Peer Review_Dr. Riyanto, M.Si.]
Preview
Text (Peer Review_Dr. Riyanto, M.Si.)
Edusains.pdf

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of Peer Review_Dr. Adeng Slamet, M.Si.]
Preview
Text (Peer Review_Dr. Adeng Slamet, M.Si.)
Edu sains.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Adapun hasil uji korelasi dua variabel tersebut memiliki signifikansi lebih rendah dari 0,05 (Sig < 0,05) yaitu 0,002 dan nilai koefisien korelasinya yaitu 0,549 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa dengan arah hubungan yang positif.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Yenny Anwar
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:46
Last Modified: 15 Apr 2021 05:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45549

Actions (login required)

View Item View Item