Pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus gallus domesticus) terhadap pertumbuhan tanaman caisim (Brassica juncea L.) dan sumbangannya pada pembelajaran Biologi SMA (Similarity)

Nurjanah, Nurjanah and Rahmi, Susanti and Khoiron, Nazip (2020) Pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus gallus domesticus) terhadap pertumbuhan tanaman caisim (Brassica juncea L.) dan sumbangannya pada pembelajaran Biologi SMA (Similarity). Turnitin Universitas sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of 2. Ithenticate plagiarism_Pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus gallus domesticus).pdf]
Preview
Text
2. Ithenticate plagiarism_Pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus gallus domesticus).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh pemberian tepung cangkang telur ayam (Gallus Gallus domesticus) terhadap pertumbuhan caisim (Brassica juncea L.) telah dilakukan. Penelitian menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari enam perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan terdiri atas 5% (P1), 10% (P2), 15% (P3), 20% (P4), 25% (P5) dan 0% (P0) sebagai kontrol. Data dianalisis dengan ANAVA dan uji BJND. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung cangkang telur ayam berpengaruh terhadap pertumbuhan caisim. Perbedaan konsentrasi berpengaruh nyata pada semua parameter pertumbuhan yaitu berat basah, berat kering, berat basah akar, berat kering akar, jumlah daun dan luas daun. Konsentrasi tepung cangkang telur ayam 10% adalah perlakuan yang dianjurkan untuk meningkatkan pertumbuhan caisim. Informasi hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif contoh kontekstual pada pembelajaran Biologi Kelas XII Semester 1 pada Kompetensi Dasar 3.1 Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup berdasarkan hasil percobaan dan Kompetensi Dasar 4.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:40
Last Modified: 28 Apr 2021 07:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45709

Actions (login required)

View Item View Item