Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik Kelas XI SMA Unggul Negeri 4 Palembang pada pembelajaran Materi Sistem Ekskresi (Similarity)

Haifa, Nurul Fatiyah and Susanti, Rahmi and Lucia, Maria Santoso (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik Kelas XI SMA Unggul Negeri 4 Palembang pada pembelajaran Materi Sistem Ekskresi (Similarity). Turnitin Universitas sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of 4. Ithenticate plagiarism_Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Berpikir.pdf]
Preview
Text
4. Ithenticate plagiarism_Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Berpikir.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian yaitu Pre-Eksperimental dengan design penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dilakukan di kelas XI MIPA 4 dengan jumah peserta didik sebanyak 32 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi, observasi aktivitas dan angket respon peserta didik terhadap model pembelajaran SSCS. Hasil analisis menunjukkan peningkatan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai rata-rata tes awal sebesar 41,66 dan tes akhir sebesar 82,47, sehingga diperoleh n-gain sebesar 0,70 dengan kategori sedang. Data hasil penelitian dianalisis dengan Uji Shapiro-Wilk dan dilanjutkan dengan uji-t menggunakan Paired Sample t-test dengan nilai Sig. (2-tailed) > 0,05. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai 0,000 > 0,005 maka Ho ditolak. Hasil lembar observasi aktivitas peserta didik menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran SSCS sebesar 74,01% dengan kategori aktif. Pemberian angket respon peserta didik untuk keterampilan guru mengajar menunjukkan hasil sebesar 65,63% dengan kategori sangat baik dan 34,38% dengan kategori baik sedangkan respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share yang termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 59,38% dan dengan kategori baik sebesar 40,63%.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik kelas XI SMA Unggul Negeri 4 Palembang pada Materi Pembelajaran Sistem Ekskresi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 30 Apr 2021 05:16
Last Modified: 30 Apr 2021 05:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45745

Actions (login required)

View Item View Item