Pengembangan modul IPA berorientasi framework PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi sistem eksresi pada manusia untuk peserta didik kelas VIII (Peer Review) SMP

Athira, Nisputriana and Rahmi, Susanti and Kodri, Madang (2020) Pengembangan modul IPA berorientasi framework PISA (Programme for International Student Assessment) pada materi sistem eksresi pada manusia untuk peserta didik kelas VIII (Peer Review) SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 2a. Peer Review Prosiding Nasional_Adeng Slamet.pdf]
Preview
Text
2a. Peer Review Prosiding Nasional_Adeng Slamet.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2b. Peer Review Prosiding Nasional_Riyanto.pdf]
Preview
Text
2b. Peer Review Prosiding Nasional_Riyanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul IPA berorientasi framework science PISA pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk peserta didik kelas VIII sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Development Research) dan evaluasi formatif yang terbatas pada pengembangan produk, validasi produk, dan kepraktisan produk. Dari penelitian ini telah dapat dikembangkan sebuah modul yang sangat valid dan sangat praktis. Validasi modul IPA terhadap prototipe I diperoleh hasil yang sangat valid secara umum, yang meliputi validasi aspek materi yang sangat valid dengan nilai 4,00, aspek konstruk yang sangat valid dengan nilai 3,55, aspek PISA yang sangat valid dengan nilai 3,25, dan aspek bahasa yang valid dengan nilai 3,00. Pada uji coba tahap orang per orang terhadap prototipe I diperoleh hasil yang sangat praktis dengan nilai 3,56 dan uji coba kelompok kecil terhadap prototipe II diperoleh hasil yang sangat praktis dengan nilai 3,36.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 05 May 2021 07:25
Last Modified: 05 May 2021 07:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45779

Actions (login required)

View Item View Item