Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LPD) Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Praktikum Biokimia (Peer Review)

NURHASANAH, NURHASANAH and Effendi, Nawawi and Rahmi, Susanti (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LPD) Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Praktikum Biokimia (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 1a. Peer Review Jurnal Nasional_Adeng Slamet.pdf]
Preview
Text
1a. Peer Review Jurnal Nasional_Adeng Slamet.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1b. Peer Review Jurnal Nasional_Riyanto.pdf]
Preview
Text
1b. Peer Review Jurnal Nasional_Riyanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik dalam praktikum biokimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) persiapan penulisan, dan 3) penulisan dan penyuntingan serta evaluasi formatif Tessmer (self-evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik semester empat Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, walkthrough, angket, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh enam validator yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,86 dengan kategori sangat tinggi. LKPD dinyatakan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan oleh peserta didik dengan mengisi lembar angket kepraktisan pada tahap one to one dan small group. Hasil analisis kuesioner peserta didik pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata yaitu 75% dan 75% yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat praktis. LKPD memiliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik setelah dilakukan tahap field test dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,75 termasuk kategori tinggi. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan LKPD praktikum berbasis pendekatan saintifik, peneliti juga melakukan kegiatan observasi aspek keaktifan. Hasil observasi selama pembelajaran menunjukkan bahwa aspek keaktifan peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat aktif.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 18 May 2021 07:38
Last Modified: 18 May 2021 07:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45786

Actions (login required)

View Item View Item