Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa SMA (Peer Review)

Sugimin, Diana Sari and Susanti, Rahmi and Khadijah, Nyayu (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa SMA (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2a. Peer Review Jurnal Nasional_Adeng Slamet.pdf]
Preview
Text
2a. Peer Review Jurnal Nasional_Adeng Slamet.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2b. Peer Review Jurnal Nasional_Riyanto.pdf]
Preview
Text
2b. Peer Review Jurnal Nasional_Riyanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul pengembangan multimedia interaktif materi sistem ekskresi untuk siswa SMA bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif materi sistem ekskresi untuk siswa SMA yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian menggunakan model Akker, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: analisis, desain, evaluasi dan revisi. Tahap Evaluasi menggunakan model evaluasi formatif Tessmer, yang terdiri dari lima tahap yaitu, self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas XI SMA N 11 Palembang. Penelitian ini dinyatakan valid karena expert review menyatakan multimedia yang dikembangkan layak untuk diujicoba, yang kemudian diujicobakan pada tahap one-to-one evaluation hingga pada tahap small group. Hasil field test menunjukkan nilai 81,38 dan N-gain 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Saran bagi siswa bagi siswa sebagai alternatif sumber belajar, baik secara mandiri maupun kooperatif, bagi guru sebagai bahan ajar alternatif sehingga dapat merangsang kemampuan kognitif maupun kemampuan berpikir kreatif, bagi sekolah dapat menjadi bahan masukan penggunaan multimedia dalam proses belajar mengajar, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian relevan

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:25
Last Modified: 30 Apr 2021 06:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45789

Actions (login required)

View Item View Item