Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Animalia Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam (Similarity)

Riski, Putri Puspitahati and Rahmi, Susanti and Effendi, Nawawi (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Animalia Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam (Similarity). Turnitin Universitas sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of 5. Ithenticate Plagiarism_Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Animalia Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam.pdf]
Preview
Text
5. Ithenticate Plagiarism_Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Animalia Kelas X Ilmu Pengetahuan Alam.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik pada pokok bahasan Animalia telah dilakukan di kelas X IPA SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan dilakukan dengan model pengembangan Akker yang terdiri atas tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap evaluasi Tessmer (self-evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 SMA Srijaya Negara Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrough, wawancara, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh enam validator yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,85 dengan kategori sangat layak uji. LKPD dinyatakan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan oleh peserta didik dengan mengisi lembar angket kepraktisan pada tahap one to one dan small group. Hasil analisis angket peserta didik pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata yaitu 0,88 dan 0,82 yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat praktis. LKPD memiliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik setelah dilakukan tahap field test dan diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,76 termasuk kategori tinggi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 18 May 2021 07:48
Last Modified: 18 May 2021 07:48
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45809

Actions (login required)

View Item View Item