PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI HELM MERK KYT (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS PALEMBANG)

PUTRA, DIO HERMADHIKA and Nazaruddin, Akhmad and Sofyan, Rusmiati (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI HELM MERK KYT (STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_61201_01091401074.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (66MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_02.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_03.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_04.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_05.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (998kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_06_ref.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (977kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01091401074_0013065702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_61201_01091401074_0013065702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini penggunaan sepeda motor oleh sebagian besar mahasiswa telah menjadi salah satu pilihan utama sebagai alat transportasi mereka. Helm sebagai alat pendukung dan pelengkap berkendara merupakan item yang sangat berperan penting dalam keselamatan pada saat mengendarai sepeda motor. Pemusnahan banyak helm - helm yang tidak standar dengan ketentuan SNI (Standar Nasional Indonesia) oleh pihak Mabes Polri Satuan Laka Lantas seiring dengan data statistik kecelakaan yang terjadi pada korban berkendara sepeda motor yang mengalami cedera berat di kepala akibat helm yang mereka pakai bukan merupakan helm standar. Maka dari itu produsen helm berlomba - lomba mulai menciptakan helm yang berkualitas, yang salah satunya diminati dan banyak digunakan oleh mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Palembang adalah helm merk KYT. Produsen helm merk KYT telah menghasilkan produk terbaik dan berkualitas yang didukung oleh faktor pemasaran yang telah mereka lakukan baik dari segi produk, harga, promosi, serta saluran distribusi yang siap untuk bersaing dengan produsen helm merk lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor bauran pemasaran tersebut terhadap keputnsan pembelian konsumen helm KYT serta mengetahui faktor yang paling dominan di antara faktor bauran pemasaran tersebut yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Palembang yang mengunakan helm merk KYT. Metode sampling yang digunakan adalah convinience sampling. Penentuan ukuran sample menggunakan rumus Roscoe. sehingga ukuran sample yang diambil sebanyak 100 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran vaitu produk, liarga, promosi dan saluran distribusi secara bersama - sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen membeli helm merk KYT yaitu sebesar 86,20%. sedangkan 13.80% nya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan secara detail dalam penelitian ini yakni faktor kebudayaan seperti kelas sosial dan faktor psikologis seperti motivasi serta kepercayaan terliadap suatu produk. Sedangkan variabel produk (Xi) berpengaruh paling dominan yaitu sebesar 26,56% terhadap keputusan pembelian, serta apabila ada peningkatan sebesar 1% pada variabel Produk ini maka memiliki kontribusi positif sebesar 0,319% dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam hal ini yaitu mahasiswa Universitas Sriwijaya Kampus Palembang terhadap helm merk KYT. Kata Kunci: bauran pemasaran, produk, harga, promosi, saluran distribusi, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, produk, harga, promosi, saluran distribusi, keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 19 May 2021 06:07
Last Modified: 19 May 2021 06:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/46478

Actions (login required)

View Item View Item