PENGEMBANGAN MODEL MAKANAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA IBU HAMIL DI DAERAH ENDEMIK MALARIA (Kegiatan Pengabdian Masyarakat Inovasi di Daerah Endemik Malaria)

Flora, Rostika and Zulkarnain, Mohammad and Fajar, Nur Alam and Faisya, Achmad Fickry and Appulembang, Yeni Anna and Nurlaily, Nurlaily and Sorena, Esty (2019) PENGEMBANGAN MODEL MAKANAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA IBU HAMIL DI DAERAH ENDEMIK MALARIA (Kegiatan Pengabdian Masyarakat Inovasi di Daerah Endemik Malaria). In: AVoer 11, Palembang.

[thumbnail of Pengembangan Model Makanan Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Pencegahan Anemia Defisiensi Besi Pada Ibu Hamil Di Daerah Endemik Malaria.pdf]
Preview
Text
Pengembangan Model Makanan Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Pencegahan Anemia Defisiensi Besi Pada Ibu Hamil Di Daerah Endemik Malaria.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Propinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah endemik malaria, yang kaya akan hasil laut.Akan tetapi konsumsi ikan di Provinsi Bengkulu masih tergolong rendah. Padahal ikan merupakan salah satu makanan sumber zat besi, yang dapat dikonsumsi dengan mudah oleh masyarakat Bengkulu untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi.Ibu hamil yang berada di daerah endemik malaria, sangat rentan mengalami anemia defisiensi zat besi. Adanya infeksi malaria dan rendahnya asupan zat besi meningkatkan kejadian anemia defisiensi besi pada ibu hamil. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil dalam mencegah anemia dan meningkatkan motivasi ibu hamil untuk mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung zat besi dengan memanfaatkan kearifan lokal. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskesmas Beringin Raya, Kota Bengkulu. Adapun kegiatan yang dilakukan berupa pemeriksaan kadar Hemoglobin untuk mengetahui apakah ibu mengalami anemia, pemberian pendidikan kesehatan tentang pencegahan dan penanggulangan anemia defisiensi besi pada kehamilan serta demonstrasi pembuatan makanan tinggi zat besi berbahan ikan sarden yang merupakan hasil laut dari Propinsi Bengkulu. Hasil pemeriksaan kadar Hb didapatkan bahwa, 36% ibu mempunyai kadar Hb yang rendah. Hasil pengukuran aspek kognitif ibu menunjukkan peningkatan pengetahuan ibu dalam pencegahan dan penanggulangan anemia pada kehamilan.Peragaan pembuatan model makanan tinggi zat besi meningkatkan motivasi ibu dalam mengelola sumber makanan yang berasal dari kekayaan lokal untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi pada kehamilan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: Rostika Flora
Date Deposited: 29 May 2021 12:53
Last Modified: 29 May 2021 12:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/46759

Actions (login required)

View Item View Item