IMPLEMENTASI REHABILITASI DAN REINTEGRASI ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PADA LEMBAGA PEMBINAAN ANAK DI PROVINSI SUMATERA SELATAN (Peer Review)

Murty, Theta (2021) IMPLEMENTASI REHABILITASI DAN REINTEGRASI ANAK PELAKU TINDAK PIDANA PADA LEMBAGA PEMBINAAN ANAK DI PROVINSI SUMATERA SELATAN (Peer Review). Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Rev 1 dan 2.pdf]
Preview
Text
Rev 1 dan 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rehabilitasi dan reintegrasi merupakan bagian dari upaya untuk menjalankan amanah dari Undang-undang No.11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. Upaya untuk memulihkan kembali kondisi anak agar tidak trauma dan menciptakan suasana kondusif pada saat memulangkan mereka pada keluarga atau lingkungannya melalui peningkatan kepercayaan diri si-anak dan penerimaan dengan baik oleh keluarga serta lingkungan masyarakat merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan rehabilitasi dan reintegrasi. Pada saat anak melakukan suatu tindak pidana dan dia diputuskan bersalah serta harus menjalani hukuman, maka anak pelaku tindak pidana tersebut tidak boleh mendapatkan hukuman dalam bentuk kekerasan. Mereka harus ditempatkan pada tempat khusus untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan. Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), dan Balai Pemasyarakatan (Bapas) adalah beberapa tempat khusus yang melakukan proses pembinaan dan pendidikan. Pemantauan lebih mendalam mengenai Implementasi rehabilitasi dan reintegrasi yang dilakukan oleh LPKA Klas IA Palembang, Lapas Klas IIA Tanjung Raja Ogan Ilir, Bapas Klas IA Palembang, Rutan Klas IIA Baturaja, dan Lapas Klas IIB Sekayu dalam penanganan terhadap anak pelaku tindak pidana, menjadi tolak ukur dilaksanakan atau tidak amanah yang terdapat dalam Undang-undang No.11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Theta Murty
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:26
Last Modified: 01 Jul 2021 04:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48061

Actions (login required)

View Item View Item