PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-KAUTSAR INDRALAYA

Yunisari, Cahya and Sumarni, Sri and Syafdaningsih, Syafdaningsih (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-KAUTSAR INDRALAYA. Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4 (1). pp. 1-11. ISSN 2657-0785

[thumbnail of ARTIKEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui metode pembelajaran edutainment pada anak kelompok B di TK Al-Kautsar Indralaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6 tahun yang berjumlah 13 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi.Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan jumlah anak yang mencapai batas ketuntasan klasikal dari siklus I dan siklus II secara berturut-turut. Terdapat jumlah anak yang mendapatkan nilai minimal 63 dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu pada siklus 1 sebanyak 9 anak (69%), kemudian meningkat pada siklus II sebanyak 12 anak (92%). Hal ini dibuktikan dengan semua indikator muncul dari hasil pengamatan pada akhir siklus II yaitu semua anak menggerakkan jari tangan, mengembungkan kedua pipi, menggerakkan tangan, dan menggerakkan kedua mata.Dari data yang terkumpul menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Al-Kautsar Indralaya setelah menggunakan Metode Pembelajaran Edutainment.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141-1489 Kindergarten
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2021 07:08
Last Modified: 02 Jul 2021 07:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48981

Actions (login required)

View Item View Item