PENGARUH PERKUATAN ANYAMAN BAMBU TERHADAP PENINGKATAN DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG (Similarity)

Dewi, Ratna and Sarino, Sarino (2020) PENGARUH PERKUATAN ANYAMAN BAMBU TERHADAP PENINGKATAN DAYA DUKUNG TANAH LEMPUNG (Similarity). Turnitin Universitas sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 15. Pengaruh Perkuatan Anyaman Bambu Terhadap Peningkatan Daya Dukung Tanah Lempung.pdf]
Preview
Text
15. Pengaruh Perkuatan Anyaman Bambu Terhadap Peningkatan Daya Dukung Tanah Lempung.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penurunan dan rendahnya kapasitas dukung tanah merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan konstruksi. Meningkatnya kebutuhan akan pemukiman menyebabkan tanah yang memiliki daya dukung rendah seperti tanah lempung lunak harus tetap bisa dimanfaatkan sebagai lahan pemukiman, sehingga perlu dilakukan perbaikan stabilitas tanah agar kerusakan dapat dicegah.Salah satu alternatif pemecahannya adalah penerapan perkuatan dengan material bambu. Dalam penelitian ini membahas pengaruh kombinasi grid dan anyaman bambu terhadap penurunan dan stabilitas pondasi dangkal. Hal ini menggunakan pondasi telapak dengan lebar 15cm yang diletakkan dalam bak uji yang berukuran 0.9m x 0.9m x 0.9m. Dari hasil uji model didapat nilai kapasitas dukung tertinggi diperoleh pada variasi jarak perkuatan (0.5B) dan lebar perkuatan (4B) adalah sebesar 28.8kPa dengan nilai BCR 164%.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA703-712 Engineering geology. Rock mechanics. Soil mechanics.Underground construction
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 1787 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 21:10
Last Modified: 13 Jul 2021 21:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/49671

Actions (login required)

View Item View Item