PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AKIBAT PROMOSI IKLAN MELALUI MEDIA MASSA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SAPUTRI, DINA DIYANAH and Robijanto, Antonius Suhadi Agus and Samawati, Putu (2008) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN AKIBAT PROMOSI IKLAN MELALUI MEDIA MASSA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya.

[img] Text
RAMA_74201_02043100239.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_74201_02043100239_0012125203_0008038001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[img] Text
RAMA_74201_02043100239_0012125203_0008038001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02043100239_0012125203_0008038001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02043100239_0012125203_0008038001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02043100239_0012125203_0008038001_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_74201_02043100239_0012125203_0008038001_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi dan saran mempromosikan barang dan/atau jasa dari pelaku usaha kepada konsumennya. Iklan sering disebut sebagai sarana kehidupan bagi perusahaan. Agar penyampaian informasi dalam bentuk iklan tersebut bisa sampai ke konsumen, maka diperlukan suatu media bagi pemasangan atau penayangan iklan tersebut. Salah satu media bagi pemasangan iklan adalah media masa cetak, walaupun pada saat ini terdapat media elektronik yang lebih canggih dan mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dapat dilakukan dari media masa lainnya. Pada saat sekarang ini banyak pelaku usaha melakukan berbagai upaya agar produk (barangdan/atau jasa) yang ditawarkannya laku keras, salah satunya dengan mempromosikan produknya melalui iklan yang menyesatkan. Hal ini dapat menimbulkan kerugian konsumen. Untuk itu perlu perlindungan hukum bagi konsumen yang merupakan pihak yang lemah dalam kedudukan hukum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative dengan spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Tahap penelitian terdiri atas penelitian kepustakaan . Data yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder dianalisis secara kualititatif tanpa menggunakan angka-angka dan rumus. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ketentuan-ketentuan yang mengatur periklanan adalah Pasal 9, 10, 12, 13, 17 dan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Peraturan Perundang-undangan lain yang terkait, yaitu Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan, Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan, Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 1999 tentang PengamanairRokok Bagi Kesehatan, dan Kode Etik Periklanan (Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia). Pertanggungjawaban pelaku usaha atas atas iklan yang menyesatkan terdapat dalam Pasal 20 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Mengenai perlindungan hukum bagi konsumen menurut Undang-undang Perlindungan Konsumen yaitu dengan adanya larangan-larangan bagi pelaku usaha periklanan, adanya tenggung jawab secara langsung dan pembukian terbalik, dibentuknya Badan Penyelesaian Sengketa konsumen, dan diakuinya Lembaga perlindungan Konsumen swadaya masyarakat. Sedangkan upaya-upaya penyelesaian sengketa menurut Undang-undang Perlindungan Konsumen dapat dilakukan dengan cara penyelesaian di luar pengadilan maupun melalui pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: K Law > KD England and Wales > KD51-9500 England and Wales > KD1629.M33 Business law -- England Business law -- Wales
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:12
Last Modified: 21 Jul 2021 03:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50056

Actions (login required)

View Item View Item