(Peer Review) Akibat Hukum Pembatalan Perkawinan dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak dan Perempuan di Pengadilan Agama Sumatera Selatan

Novera, Arfianna (2021) (Peer Review) Akibat Hukum Pembatalan Perkawinan dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak dan Perempuan di Pengadilan Agama Sumatera Selatan. Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Reviwer akibat hukum pembatalan perkawinan.pdf]
Preview
Text
Reviwer akibat hukum pembatalan perkawinan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas faktor penyebab pembatalan perkawinan di PA Palembang, Lubuklinggau, Muaraenim serta akibat hukumnya bagi anak dan istri. Penelitian dilakukan secara normatif yang didukung dengan empiris. Penelitian ini menyimpulkan pertama, dalam Putusan No. 0587/Pdt.G/2013/PA.Plg dan No.796/Pdt.G/2010/PA.Llg faktor penyebabnya karena poligami tanpa izin dan wali yang tidak sah. Kedua, akibat hukum bagi anak Pasal 28 UUP tetap anak sah dan bagi istri dengan itikad baik, perkawinan tetap mempunyai akibat hukum yang sah bagi suami dan istri. Apabila perkawinan dilangsungkan tanpa adanya itikad baik dari suami dan istri, akibat hukum perkawinan tersebut sama sekali tidak ada. Keputusan hakim berlaku surut sampai pada saat perkawinan dilangsungkan.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Mrs Arfiana Novera
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:43
Last Modified: 31 Aug 2021 07:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50237

Actions (login required)

View Item View Item