Peer review, Keanekaragaman dan perilaku menggigit nyamuk sebagai vektor potensial filariasis di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan

Salni, Salni Peer review, Keanekaragaman dan perilaku menggigit nyamuk sebagai vektor potensial filariasis di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Perhimpunan Entomologi Indonesia.

[thumbnail of 16 Peer review.pdf]
Preview
Text
16 Peer review.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Filariasis adalah penyakit menular menahun disebabkan oleh cacing filaria dan ditularkan oleh berbagai spesies nyamuk seperti Mansonia, Anopheles, Culex, Aedes, dan Armigeres. Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman dan perilaku menggigit nyamuk sebagai vektor potensial penularan filariasis di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Penangkapan nyamuk dilakukan selama 12 jam dari pukul 18.00–06.00 dengan metode human landing collection dan animal biting trap. Pada Desember 2016 hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel nyamuk yang ditangkap di daerah studi berjumlah 16 spesies dengan spesies paling dominan yang ditemukan adalah Mansonia uniformis (47,28%), Culex tritaeniorhynchus (23,89%), dan Culex vishnui (14,48%). Ma. uniformis memiliki perilaku menggigit lebih banyak di luar rumah dengan rata-rata angka perilaku menggigit (man biting rate/MBR) sebesar 100,50 nyamuk/malam dan angka kepadatan gigitan nyamuk (man hour density/MHD) sebesar 11,90 dan merupakan yang tertinggi dari semua spesies nyamuk yang ditemukan. Analisis parity rate melalui pembedahan terhadap nyamuk dewasa mengkonfirmasi bahwa perkiraan umur populasi Ma. uniformis adalah 31,8 hari dan Ma. uniformis terdeteksi positif sebagai vektor penularan filariasis.

Item Type: Other
Subjects:
Depositing User: Salni Salni
Date Deposited: 28 Sep 2021 10:00
Last Modified: 28 Sep 2021 10:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50264

Actions (login required)

View Item View Item