Peer review, Pengaruh Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus Rosa-Sinensis Linn.)terhadap Epididimis, Prostat dan Vesikula Seminalis

Salni, Salni Peer review, Pengaruh Ekstrak Bunga Kembang Sepatu (Hibiscus Rosa-Sinensis Linn.)terhadap Epididimis, Prostat dan Vesikula Seminalis. Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of 18 Peer Review.pdf]
Preview
Text
18 Peer Review.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hibiscus rosa-sinensis Linn. merupakan salah satu tanaman obat di Indonesia yang digunakan sebagai kontrasepsi pria. Bunga kembang sepatu mengandung flavonoid yang dapat menurunkan testosteron. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak bunga kembang sepatu terhadap berat epididimis, tebal epitel epididimis cauda, berat prostat dan vesikula seminalis tikus jantan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sampel dalam penelitian ini menggunakan 25 tikus jantan strain Sprague Dawley® usia 60-70 hari dengan berat badan 200-210 gram. Dosis perlakuan 200 mg/kgBB, 300 mg/kgBB, 400 mg/kgBB, 500 mg/kgBB selama 30 hari. Data disajikan dalam bentuk tabel serta narasi untuk menginterpretasikan data tersebut.Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan berat epididimis pada kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol (p=0,000), terjadi juga penyusutan tebal epitel epididimis cauda (p=0,021), penurunan berat prostat dan vesikula seminalis antara kelompok perlakuan dibanding kelompok kontrol (p=0,001). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ekstrak bunga kembang sepatu tehadap epididimis, prostat dan vesikula seminalis. Pengaruh tersebut kemungkinan disebabkan kandungan bahan kimia yang ada di dalam bunga kembang sepatu yang bersifat antifertilitas.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Salni Salni
Date Deposited: 28 Sep 2021 10:04
Last Modified: 28 Sep 2021 10:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50271

Actions (login required)

View Item View Item