Project Based Learning (PBL) Based Lesson Study for Learning Community (LSLC) in kindergarten

Sumarni, Sri and Ilma, Ratu and Andika, Windi Dwi (2022) Project Based Learning (PBL) Based Lesson Study for Learning Community (LSLC) in kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2). pp. 989-996. ISSN 2549-8959

[thumbnail of 1637-7549-1-PB.pdf]
Preview
Text
1637-7549-1-PB.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Adanya kesenjangan pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru dalam menstimulasi kemampuan matematika awal anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Lesson Study for Learning Community (LSLC) berbasis Project Based Learning (PBL) dalam pelaksanaan pembelajaran stimulasi kemampuan matematika awal anak. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif pada anak kelompok B di TK IT Fathul Ilmi Palembang. Hasilnya, LSLC berbasis PBL yang memiliki tahapan pembelajaran; plan, do, see dan redesign dalam proyek pembelajaran matematika awal. Tahapan tersebut ternyata bukan hanya memfasilitasi anak untuk menguasai kemampuan matematika awal secara optimal saja, melainkan juga memfasilitasi anak mengembangkan interaksi, komunikasi dan kerjasama antar teman dan guru, serta pengembangan karakter peduli dan empati kepada teman dalam menyelesaikan proyek matematika bersama. Penerapan LSLC berbasis PBL membuat pembelajaran di TK Fathul Ilmi menjadi aktif dan interaktif, sehingga penerapan LSLC berbasis PBL direkomendasikan kepada guru dan stakeholder dalam pembelajaran matematika awal anak usia dini. Kata Kunci: lesson study for learning community; project based learning; matematika anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1036-1036.8 Community education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:30
Last Modified: 07 Sep 2021 08:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/51658

Actions (login required)

View Item View Item