PENGARUH PENULISAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT

SEPSIANA, SEPSIANA and Adeng, Slamet and Masagus Mhd., Tibrani (2021) PENGARUH PENULISAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_01_Front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_01_Front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (718kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091181621070_0011066004_0012027901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penulisan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi SMA Negeri 1 Semendawai Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk desain non-equivalent grub design. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 orang peserta didik dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 orang peserta didik. Keterampilan metakognitif dinilai dari jawaban peserta didik atas 5 soal uraian teintegrasi kognitif (C4-C6) meliputi keterampilan metakognitif perencanaan, pengawasan dan evaluasi. Penskoran jawaban dilakukan menggunakan rubrik penilaian keterampilan metakognitif Corebima (2009). Hipotesis penelitian dianalisis melalui Uji-t menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil post-test tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai keterampilan metakognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (82,8 > 64,53). Berdasarkan hasil perhitungan Uji-t pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh Thitung keterampilan metakognitif lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis nol (H 0) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penulisan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik SMA Negeri 1 Semendawai Barat pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Penulisan Jurnal Belajar, Sistem Reproduksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Metakognitif, Penulisan Jurnal Belajar, Sistem Reproduksi.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Sepsiana Sepsiana
Date Deposited: 05 Aug 2021 07:49
Last Modified: 05 Aug 2021 07:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/51716

Actions (login required)

View Item View Item