APLIKASI CHATBOT BERBASIS RULE-BASED SEBAGAI MEDIA KONSULTASI MANDIRI UNTUK KESEHATAN MENTAL REMAJA

ALMAHDI, MUHAMMAD SYAHID and Abdiansah, Abdiansah and Yusliani, Novi (2021) APLIKASI CHATBOT BERBASIS RULE-BASED SEBAGAI MEDIA KONSULTASI MANDIRI UNTUK KESEHATAN MENTAL REMAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_55201_09021181621139.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_05.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_55201_09021181621139-0001108401_0008118205_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (506kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat pada umumnya tidak mengetahui cara yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk menangani stres. Chatbot merupakan program komputer yang dikembangkan untuk dapat berinteraksi dengan penggunanya melalui mode teks maupun suara. Pada penelitian ini chatbot digunakan untuk media konsultasi Kesehatan mental menggunakan metode Rule-Based. Rule-based adalah metode yang menggunakan aturan bahasa untuk mendapatkan kelas kata dari suatu kata dalam sebuah kalimat. Aplikasi chatbot menggunakan metode rule-based dapat diterapkan untuk membangun suatu sistem percakapan atau konsultasi yang memiliki fitur seperti sistem tanya jawab. Untuk mengetahui apakah pengguna mengalami gejala stres digunakan Self Reporting Questionnaire-20 (SRQ-20). Berdasarkan hasil pengujian dengan mennggunakan 60 data uji, diketahui bahwa nilai persentase akurasi dari aplikasi chatbot berbasis Rule- based adalah 88,33% jawaban chatbot sesuai dan hanya 11,67 % jawaban chatbot yang tidak sesusai. Jawaban yang tidak sesuai dikarenakan kueri pertanyaan yang dimasukkan oleh pengguna tidak dikenali oleh chatbot atau tidak terdapat pada database.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Kesehatan Mental, Konsultasi, Rule-Based, SRQ-20, Stres.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98-98.5 Computational linguistics. Natural language processing
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1)
Depositing User: M. Syahid Al-Mahdi
Date Deposited: 23 Aug 2021 01:31
Last Modified: 23 Aug 2021 01:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52144

Actions (login required)

View Item View Item