SELEKSI PRIMER UNTUK PENDEKATAN MIKROSATELIT PADA AKSESI PADI BERAS MERAH DAN BERAS HITAM (Oryza sativa L.) LOKAL SUMATERA SELATAN (Pembimbing)

WAHYUNI, TUTIK and Hanum, Laila and Muharni, Muharni (2021) SELEKSI PRIMER UNTUK PENDEKATAN MIKROSATELIT PADA AKSESI PADI BERAS MERAH DAN BERAS HITAM (Oryza sativa L.) LOKAL SUMATERA SELATAN (Pembimbing). Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 33. 0563 Pembimbing Skripsi (Tutik Wahyuni).pdf]
Preview
Text
33. 0563 Pembimbing Skripsi (Tutik Wahyuni).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Marka mikrosatelit atau simple sequence repeats (SSR) telah banyak digunakan untuk analisis penentuan identitas genetik pada eukariot seperti padi untuk mengatasi ancaman erosi genetik varietas lokal. Mikrosatelit memiliki sekuen pengulangan yang banyak pada genom dan menyebar secara merata diseluruh genom tanaman. Namun tidak semua mikrosatelit cocok terhadap sampel yang digunakan. Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan marka mikrosatelit atau Simple sequence Repeats (SSR) yang cocok terhadap sampel beras merah dan beras hitam lokal Sumatera Selatan sebelum dilakukan analisis selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2020. Pengambilan sampel dilakukan dibeberapa daerah yang ada di Sumatera Selatan. Metode penelitian ini diawali dengan isolasi DNA genom, pengecekan hasil isolasi DNA secara kualitas dan kuantitas, ampifikasi DNA dengan PCR, serta pengecekan hasil amplfikasi DNA menggunakan gel elektroforesis dan diamati dibawah UV Transiluminator. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pita DNA dengan ukuran yang berbeda-beda. Sembilan dari sebelas pasang primer yaitu RM5742, RM6997, RM201, RM263, RM324, RM518, RM60, RM105, dan RM124 memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi terhadap semua sampel. Dua primer yang lain yaitu primer RM416 tidak cocok terhadap sampel Tanjung Agung dan RM223 tidak cocok terhadap sampel yang berasal dari Linggau sehingga tidak mampu mengamplifikasi DNA pada proses PCR akibatnya tidak terbentuk pita DNA saat dilakukan elektroforesis.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:44
Last Modified: 08 Sep 2021 13:44
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52774

Actions (login required)

View Item View Item