VARIASI GENETIK DUKU DAN LANGSAT (Lansium domesticum Corr.) DI SUMATERA SELATAN BERDASARKAN PADA DNA BARCODING matK (Pembimbing)

NURSELA, DEWI and Hanum, Laila and Muharni, Muharni (2021) VARIASI GENETIK DUKU DAN LANGSAT (Lansium domesticum Corr.) DI SUMATERA SELATAN BERDASARKAN PADA DNA BARCODING matK (Pembimbing). Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

[thumbnail of 33. 0563 Pembimbing Skripsi (Dewi Nursela).pdf]
Preview
Text
33. 0563 Pembimbing Skripsi (Dewi Nursela).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Duku dan Langsat (Lansium domesticum Corr.) termasuk salah satu tumbuhan khas Sumatera Selatan yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga keberadaan nya perlu dilestarikan salah satunya dengan melakukan pemuliaan tanaman. Namun, status taksonomi Duku dan Langsat masih belum jelas padahal sebelum melakukan pemuliaan tanaman perlu ditetapkan identitas genetik dan status taksonomi yang jelas untuk menentukan langkah-langkah strategi konservasi selanjutnya. Oleh karena itu, dalam menetapkan identitas genetik perlu dilakukan penelitian mengenai variasi genetik Duku dan Langsat (Lansium domesticum Corr.) di Sumatera Selatan berdasarkan urutan basa nukleotida pada gen matK dalam upaya menentukan status taksonomi Duku dan Langsat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi genetik Duku dan Langsat (Lansium domesticum Corr.) di Sumatera Selatan berdasarkan urutan basa nukleotida pada gen matK dalam upaya menentukan status taksonomi Duku dan Langsat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan November 2020, bertempat di Laboratorium Genetika dan Bioteknologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sriwijaya, Indralaya. Metode penelitian ini dengan ektraksi DNA dengan menggunakan Tiangen Plant Genomic DNA KIT DP 305, kemudian amplifikasi DNA menggunakan primer 3F_KIM-F dan 1R_KIM-R, elektroforesis dan sekuensing DNA. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Duku dan Langsat di Sumatera Selatan menunjukkan variasi genetik cukup tinggi yang ditunjukkan dengan nilai identity value berkisar 97,41-99,50% dan ditetapkan sebagai Lansium domesticum Corr. berdasarkan penanda gen matK.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:45
Last Modified: 08 Sep 2021 13:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52775

Actions (login required)

View Item View Item