Potensi Vegetasi Tingkat Pohon Pada Kawasan Green Barrier Industri Petrokimia Di Palembang Sebagai Stok Cadangan Karbon (Pembimbing)

Zaini, Ririn and Zulkifli, Hilda and Hanum, Laila (2015) Potensi Vegetasi Tingkat Pohon Pada Kawasan Green Barrier Industri Petrokimia Di Palembang Sebagai Stok Cadangan Karbon (Pembimbing). Fakultas MIPA, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 34. 3099 Pembimbing Skripsi (Ririn Zaini).pdf]
Preview
Text
34. 3099 Pembimbing Skripsi (Ririn Zaini).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian potensi vegetasi tingkat pohon pada kawasan Green Barrier industri petrokimia di Palembang sebagai stok cadangan karbon telah dilakukan pada Bulan Desember 2014 sampai Januari 2015 di Green Barrier PT.Pupuk Sriwidjaja Palembang dan Laboratorium Departemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Lingkungan Hidup PT.Pupuk Sriwidjaja Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keanekaragaman vegetasi tingkat pohon, kandungan biomassa dan karbon yang tersimpan pada pohon serta jenis tanaman yang dapat menyerap karbon. Penentuan areal lokasi penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kombinasi antara metode jalur dan metode garis berpetak dengan plot-plot 20 m x 20 m. Pengukuran biomassa pohon dilakukan dengan pengambilan contoh melalui metode destructive (merusak bagian tanaman). Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel untuk menginterpretasikan data tersebut. Dapat disimpulkan bahwa Paraserianthes falcataria L. merupakan spesies yang mendominasi di kawasan Green Barrier dan jenis pohon di kawasan Green Barrier yang diduga menyimpan karbon paling banyak adalah Swietenia macrophylla King. sedangkan yang menyerap karbon paling sedikit adalah Tectona grandis L.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 15:59
Last Modified: 08 Sep 2021 15:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52777

Actions (login required)

View Item View Item