Fenologi Organ Reproduktif dan Karakteristik Sonneratia ovata Backer Di Taman Nasional Berbak dan Sembilang Sumatera Selatan (Pembimbing)

Valencia, Yuslin Ayu and Sarno, Sarno and Hanum, Laila (2017) Fenologi Organ Reproduktif dan Karakteristik Sonneratia ovata Backer Di Taman Nasional Berbak dan Sembilang Sumatera Selatan (Pembimbing). Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

[thumbnail of 36. 2350 Pembimbing Skripsi (Yuslin Ayu Valencia).pdf]
Preview
Text
36. 2350 Pembimbing Skripsi (Yuslin Ayu Valencia).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenologi pada tumbuhan mengamati tahapan perkembangan organ-organ tumbuhan vegetatif atau reproduktif yang dipengaruhi oleh iklim. Fenologi pembungaan adalah ilmu yang mempelajari tahapan perkembangan pada tumbuhan terutama pembungaan bermula dari terbentuknya bakal bunga hingga menjadi buah dan buah matang. Fenologi pembungaan akan bermanfaat untuk mengetahui tahapan pembungaan hingga menjadi buah dan buah matang serta membantu untuk mengetahui karakteristik dari tumbuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data fenologi di Taman Nasional Berbak dan Sembilang (TNS) dengan mengetahui waktu berbunga, berbuah dan waktu yang dibutuhkan Sonneratia ovata Backer. Pengamatan fenologi dimulai dari bulan Januari 2016 sampai dengan bulan September 2016. Metode yang digunakan adalah metode Purvosive Sampling untuk pemilihan pohon induk dan tagging untuk menandai bakal bunga yang akan diamati dari fase inisiasi, kuncup kecil, kuncup besar, bunga mekar, buah muda dan buah matang. Kesimpulan yang didapatkan adalah S.ovata Backer berbunga sepanjang tahun, durasi fenologi dari tahap inisiasi hingga buah matang 81 hari atau 3 bulan, waktu berbunga berkisar 35 hari sekitar 1 bulan, waktu berbuah 46 hari atau 2 bulan. Bunga S.ovata termasuk bunga majemuk berbatas, memiliki 6 kelopak bunga, tidak ada mahkota bunga, benang sari berjumlah 279 berwarna putih. Buah memiliki aroma yang harum saat sudah matang.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:45
Last Modified: 08 Sep 2021 13:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52786

Actions (login required)

View Item View Item