Fenologi Organ Reproduktif dan Karakteristik Rhizophora apiculata BI. Di Taman Nasional Berbak dan Sembilang Sumatera Selatan (Pembimbing)

Nisa, Amanatun and Sarno, Sarno and Hanum, Laila (2018) Fenologi Organ Reproduktif dan Karakteristik Rhizophora apiculata BI. Di Taman Nasional Berbak dan Sembilang Sumatera Selatan (Pembimbing). Jurusan Biologi Fakultas MIPA.

[thumbnail of 31. 3456 Pembimbing Skripsi (Amanatun Nisa).pdf]
Preview
Text
31. 3456 Pembimbing Skripsi (Amanatun Nisa).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Studi fenologi mangrove memberikan informasi mengenai waktu dan lamanya tahapan reproduktif pada tumbuhan yang mencakup tentang pertunasan, pembungaan, pembuahan dan pematangan propagul. Rhizopora apiculata sering digunakan sebagai bibit untuk upaya rehabilitasi kawasan mangrove yang terdegradasi sehingga informasi mengenai fenologi Rhizopora apiculata sangat penting untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu berbunga dan karakteristik R.apiculata, mengetahui waktu propagul matang dan karakteristik propagul R.apiculata dan mengetahui waktu yang dibutuhkan R.apiculata mulai dari bunga menjadi propagul matang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 sampai dengan bulan Maret 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling untuk pemilihan pohon induk dengan tagging untuk menandai proses pembungaan yang akan diamati dari fase inisiasi, kuncup kecil, kuncup besar, bunga mekar, propagul muda dan propagul matang. Kesimpulan yang diperoleh yaitu waktu yang dibutuhkan R.apiculata mulai dari fase inisiasi bunga, kuncup kecil, kuncup besar hingga bunga mekar berkisar selama 169 sampai 174 hari, puncak pematangan propagul R.apiculata terjadi pada selama 109 hari dengan karakteristik berbentuk silindris memanjang, berukuran sekitar 26,5-38,5 cm, memiliki permukaan yang sedikit kasar dengan bagian kotiledon yang menjadi merah kecokletan dan waktu yang dibutuhkan R.apiculata mulai dari inisiasi bunga hingga menjadi propagul matang yaitu selama 372 hari.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Laila Hanum
Date Deposited: 08 Sep 2021 13:45
Last Modified: 08 Sep 2021 13:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/52787

Actions (login required)

View Item View Item