Daya Saing Komoditas Udang Beku Indonesia dan Negara ASEAN di Pasar Internasional Dengan Pendekatan RCA (Revealed Comparative Advatage) dan Gravity Model (Pembimbing)

Puspitasari, Desi and Suhel, Suhel and Asngari, Imam and Mardalena, Mardalena (2019) Daya Saing Komoditas Udang Beku Indonesia dan Negara ASEAN di Pasar Internasional Dengan Pendekatan RCA (Revealed Comparative Advatage) dan Gravity Model (Pembimbing). Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of DESI PUSPITASARI OK.pdf]
Preview
Text
DESI PUSPITASARI OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing udang beku Indonesia di pasar internasional, terutama di lima negara ekspor utama selama tahun 2000-2016 dan untuk mengetahui pengaruh PDB perkapita negara tujuan. Selisih harga, jumlah penduduk dan jarak ekonomi terhadap daya saing ekspor udang beku Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi UN Cometrade dan Bank Dunia dan diestimasi dengan teknik analisis Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), dan Gravity Model dengan menggunakan data panel statis. Berdasarkan hasil RCA, daya saing udang beku Indonesia kuat di empat negara kecuali Spanyol. Hasil EPD menunjukkan bahwa hanya di Amerika Serikat udang beku Indonesia berada pada posisi rising star, sedangkan di empat negara berada pada posisi retreat. Hasil analisis data panel menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh positif adalah GDP perkapita dan jarak ekonomi, sedangkan variabel yang berpengaruh negatif adalah selisih harga udang dan jumlah populasi negara tujuan.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 01-Faculty of Economics > 60201-Development Economics (S1)
Depositing User: Mardalena Mardalena
Date Deposited: 17 Sep 2021 05:06
Last Modified: 17 Sep 2021 05:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53096

Actions (login required)

View Item View Item