ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN BANK SYARIAH (MUDHARABAH, MUSYARAKAH, DAN MURABAHAH) DAN SUKU BUNGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Pembimbing)

Haryono, Ferto and Suhel, Suhel and Subardin, Muhammad and Mardalena, Mardalena (2019) ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN BANK SYARIAH (MUDHARABAH, MUSYARAKAH, DAN MURABAHAH) DAN SUKU BUNGA TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (Pembimbing). Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of FERTO HARYONO OK.pdf]
Preview
Text
FERTO HARYONO OK.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan untuk menganalisis pengaruh Pembiayaan Bank Syariah (Mudharabah, Musyarakah, dan Murabahah) dan Suku Bunga terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data time series Periode tahun 2011-2018 dan telah diinterpolasi menjadi data kuartal. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode regresi linier berganda dan uji kausalitas Granger dengan menggunakan program komputer Eviews 8.0. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa Pembiayaan Bank Syariah berpengaruh pisitif signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia dan Suku Bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Sedangkan hasil uji kausalitas Granger menunjukkan bahwa hubungan satu arah terjadi antara Pertumbuhan Ekonomi dan Suku Bunga yaitu Pertumbuhan Ekonomi mempengaruhi Suku Bunga dan terjadi hubungan dua arah antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pembiayaan Bank Syariah.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 01-Faculty of Economics > 60201-Development Economics (S1)
Depositing User: Mardalena Mardalena
Date Deposited: 17 Sep 2021 05:06
Last Modified: 17 Sep 2021 05:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53109

Actions (login required)

View Item View Item