PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI TARI KREASI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA X-6 PUSLATPUR MARTAPURA OKU TIMUR (Peer Review)

Agustina, Tria and Sumarni, Sri and Hasmalena, Hasmalena (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI TARI KREASI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA X-6 PUSLATPUR MARTAPURA OKU TIMUR (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Peer Riview 1_ PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL.pdf]
Preview
Text
Peer Riview 1_ PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL.pdf

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of Peer Riview 2_ PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL.pdf]
Preview
Text
Peer Riview 2_ PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan judul penelitian “Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Tari Kreasi pada Anak Kelompok B di TK Kartika X-6 PUSLATPUR Martapura OKU Timur”. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan sosial melalui tari kresi pada anak kelompok B di TK Kartika X-6 PUSLATPUR Martapura OKU Timur. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas B berjumlah 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Terbukti bahwa siklus I lebih tinggi dari pra siklus yang rata-rata persentase keterampilan sosial anak yaitu sebanyak 6 orang anak (30%) yang keterampilan sosialnya mulai berkembang (MB), 10 orang anak (50%) berkembang sesuai harapan (BSH), dan terdapat 4 orang anak (20%) berkembang sangat baik (BSB). Terbukti bahwa siklus II lebih tinggi dari siklus I yang rata-rata persentase keterampilan sosial anak yaitu sebanyak 2 orang anak (10%) yang keterampilan sosialnya mulai berkembang (MB), 5 orang anak (25%) berkembang sesuai harapan (BSH), dan 13 orang anak (65%) berkembang sangat baik (BSB). Jadi dapat diperoleh bahwa tari kreasi dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Kartika X-6 PUSLATPUR Martapura OKU Timur.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:49
Last Modified: 17 Sep 2021 04:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53117

Actions (login required)

View Item View Item