LIP REPOSITIONING SEBAGAI ALTERNATIF PERAWATAN GUMMY SMILE (LIP REPOSITIONING AS AN ALTERNATIVE TREATMENT FOR GUMMY SMILE)

Ifadah, Ifadah and Negara, Mellani Cindera (2018) LIP REPOSITIONING SEBAGAI ALTERNATIF PERAWATAN GUMMY SMILE (LIP REPOSITIONING AS AN ALTERNATIVE TREATMENT FOR GUMMY SMILE). 5th National Scientific Seminar In Periodontics, 1 (1). pp. 455-463. ISSN 978-602-70663-1-1

[img]
Preview
Text
LIP REPOSITIONING.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://fkg.usu.ac.id

Abstract

Senyum adalah salah satu ekspresi wajah yang dapat menjadi bentuk komunikasi nonverbal manusia. Keserasian senyuman ditentukan oleh bentuk, posisi, dan warna gigi dan gingiva. Gummy smile, tampilan gingiva yang berlebihan jika dibandingkan dengan bibir dan gigi, sering menjadi masalah estetik yang dikeluhkan oleh pasien. Salah satu alternatif perawatan gummy smile adalah lip repositioning. Lip repositioning merupakan prosedur bedah untuk mengoreksi tampilan gingiva yang berlebihan. Prosedur ini dilakukan dengan membatasi pergerakan otot-otot elevator senyum yang dicapai dengan membuang potongan mukosa dari vestibulum bukal maksila dan membuat partial-thickness flap antara mucogingival junction dan otot-otot bibir atas, sehingga mengurangi tampilan gingiva yang terlihat saat tersenyum. Lip repositioning adalah prosedur yang aman, dapat diprediksi dengan risiko dan efek samping yang minimal sebagai alternatif perawatan estetik. Keberhasilan perawatan lip repositioning dapat memberikan hasil yang memuaskan tergantung pada seleksi kasus dengan indikasi yang tepat.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK501-519 Operative dentistry. Restorative dentistry
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 12201-Dentistry (S1)
Depositing User: Mrs Mellani Cindera Negara
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:06
Last Modified: 20 Sep 2021 03:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/53810

Actions (login required)

View Item View Item