PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN BALAI AGUNG KECAMATAN SEKAYU TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH GRATIS DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

KIRANA, CHANDRA and Susanto, Tri Agus and Lidya, Eva (2012) PERSEPSI MASYARAKAT KELURAHAN BALAI AGUNG KECAMATAN SEKAYU TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH GRATIS DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_69201_07071002100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Preview
[img] Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002100_0012076502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat Kelurahan Balai Agung tentang pelaksanaan program sekolah gratis di Kabupaten Musi Banyuasin. Pelaksanaan program sekolah gratis ini dikaji dari komunikasi, sumberdaya, dan disposisi (konsistensi) pemerintah berdasarkan pengetahuan, pengalaman, dan sosialisasi masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan unit analisisnya adalah masyarakat Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, dimana peneliti tetap menunjukkan identitas sebagai peneliti dalam proses interaksi dengan informan. Penentuan informan digunakan secara purposive berdasarkan kriteria yang diinginkan oleh peneliti. Analisis dan interprestasi data diproses berdasarkan wawancara dengan 10 orang informan dari masyarakat Kelurahan Balai Agung Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat tentang pelaksanaan program sekolah gratis belum sesuai dengan harapan mereka. Apabila dilihat dari komunikasi yang dilakukan pemerintah dalam m^nsosialisasikan program sekolah gratis masih sangat kurang. Akibatnya, pengetahuan masyarakat tentang program sekolah gratis masih sangat sedikit. Masyarakat juga meragukan kualitas sumberdaya pemerintah dalam melaksanakan program ini karena perbedaan berupa peningkatan kualitas pendidikan sebelum atau setelah adanya sekolah gratis tidak pernah diketahui masyarakat Saat ini masyarakat hanya mengetahui adanya penambahan jumlah bangunan sekolah tapi untuk kualitas masih kurang karena belum ada evaluasi kineija sumberdaya sekolah gratis. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Program Sekolah Gratis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Masyarakat, Program Sekolah Gratis
Subjects: J Political Science > JA Political science (General) > JA27-34 Societies
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:28
Last Modified: 22 Sep 2021 01:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/54236

Actions (login required)

View Item View Item