DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE ROHAN BAGI KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI REMAJA (STUDI PADA REMAJA YANG BERMAIN GAME ONLINE ROHAN DI WARNET KELURAHAN TIMBANGAN KM 32, INDRALAYA, OGAN ILIR)

MAHALINA, FAJAR and Lidya, Eva and Sartika, Dlana Dewi (2012) DAMPAK PENGGUNAAN GAME ONLINE ROHAN BAGI KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI REMAJA (STUDI PADA REMAJA YANG BERMAIN GAME ONLINE ROHAN DI WARNET KELURAHAN TIMBANGAN KM 32, INDRALAYA, OGAN ILIR). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_69201_07071002060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (81MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_69201_07071002060_0024105911_0011028001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Preview
[img] Text
RAMA_69201_07071002060_0024105911_0011028001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002060_0024105911_0011028001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002060_0024105911_0011028001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002060_0024105911_0011028001_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07071002060_0024105911_0011028001_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penggunaan Rohan di kalangan remaja dan bagaimana dampak penggunaan Game online Rohan bagi kehidupan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan unit analisis adalah individu. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail sesuai dengan permasalahan dalam penelitian. Subyek penelitian dipilih tujuh orang sebagai informan kunci dan empat orang sebagai informan pendukung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data diperoleh melalui mendalam dan dengan melakukan observasi. Game online Rohan ini merupakan jenis Game Mmorpg yaitu jenis Game yang memiliki tampilan lebih menarik dibandingkan Game online yang lain dan Game online ini merupakan jenis Game online perang-perangan. Ketertarikan peneliti untuk meneliti tentang Game online Rohan ini dikarenakan fenomena Game online Rohan ini sedang marak-maraknya (Trend) di Kelurahan Timbangan KM 32, Indralaya, Ogan Ilir dan banyaknya perilaku remaja yang bermain Game online Rohan ini yang tidak terkendali sampai lupa waktu, bahkan bergadang semalaman dan tidak pulang ke rumah. Penggunaan permainan Game online Rohan ini tidak dilakukan di rentalrental komputer ataupun di rumah tetapi dilakukan di warung internet (warnet) karena warnet mempunyai koneksi internet yang cepat dan stabil, selain itu faktor keseruan dalam bermain pun menjadi pertimbangan para informan untuk bermain Game online Rohan. Permainan Game online Rohan dapat membuat para remaja lupa waktu, lupa mengeijakan tugas bahkan skripsi karena Game online Rohan ini dilakukan setiap hari minimal tiga jam sampai sebelas jam perharinya Han menghabiskan uang sedikitnya Rp.430.000 perbulan yang digunakan untuk membeli kebutuhan yang ada di Game online Rohan seperti Voucer Game, Bot dan biaya bermain di warnet setiap hari. Permainan Game online Rohan bagi remaja dapat berdampak negatif bagi kehidupan sosial dan ekonomi mereka di dunia nyata. Misalnya saja dapat membuat mereka kurang berinterksi dengan teman-teman sekitarnya, kurang berinteraksi dengan orangtua, menimbulkan perkelahian, tidak peka terhadap lingkungan sekitarnya dan dapat menimbulkan pemborosan keuangan. Kata kunci : wawancara dampak penggunaan, Game online, Kehidupan Sosial Ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wawancara dampak penggunaan, Game online, Kehidupan Sosial Ekonomi.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General) > JA27-34 Societies
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:35
Last Modified: 22 Sep 2021 01:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/54328

Actions (login required)

View Item View Item