Karya Ilmiah dalam Prosiding Nasional dengan judul : Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Ditinjau dari Tren Produksi Beras dan Stok Beras Pedagang

Aryani, Desi (2018) Karya Ilmiah dalam Prosiding Nasional dengan judul : Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Ditinjau dari Tren Produksi Beras dan Stok Beras Pedagang. In: Prosiding Seminar Nasional, Kristalisasi Paradigma Agribisnis dalam Pembangunan Ekonomi dan Pendidikan Tinggi, 15 April 2015, IPB, Bogor.

[thumbnail of Ketahanan  Pangan di Sumatera Selatan Ditinjau dari Tren Produksi Beras dan Stok Beras Pedagang.pdf]
Preview
Text
Ketahanan Pangan di Sumatera Selatan Ditinjau dari Tren Produksi Beras dan Stok Beras Pedagang.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan menganalisis tren produksi beras, luas lahan padi, dan produktivitas padi di Sumatera Selatan, menghitung stok beras rata-rata yang dimiliki oleh pedagang serta mendeskripsikan daerah pemasok dan daerah pemasaran beras di Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Sumatera Selatan, yaitu di Kota Palembang, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Ogan Komering Ulu Timur. Pengumpulan data primer dan sekunder dilakukan pada Bulan Mei sampai Agustus 2012. Data sekunder sebagian besar diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode survei sedangkan penarikan contoh bersifat multistage purposive sampling mulai dari penentuan kota/kabupaten, kecamatan, serta pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren produksi beras, luas lahan padi dan produktivitas padi di Sumatera Selatan menunjukkan kecenderungan tren menaik. Hal ini menunjukkan bahwa ketahanan pangan di Sumatera Selatan aman ditinjau dari aspek ketersediaan. Produksi beras yang dihasilkan oleh petani tidak seluruhnya diserap oleh pedagang, tetapi diserap juga oleh Bulog dan lumbung pangan yang berada di setiap kabupaten. Beras yang diperjualbelikan oleh pedagang tidak hanya berasal dari produksi petani lokal dalam provinsi saja tetapi juga berasal dari luar provinsi. Daerah pemasaran beras tidak hanya kepada konsumen lokal dalam provinsi, tetapi sampai ke konsumen di luar provinsi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Luas Lahan Padi, Produksi Beras, Produktivitas Padi, Pedagang, Tren
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Dr Desi Aryani
Date Deposited: 28 Sep 2021 03:10
Last Modified: 28 Sep 2021 03:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/54406

Actions (login required)

View Item View Item