UJI RECOVERY MINYAK BUMI MENGGUNAKAN BIOSURFAKTAN BAKTERI Pseudomonas peli TERHADAP VARIASI KADAR GARAM, pH, DAN TEMPERATUR (Pembimbing)

Rahmatika, Rahmatika and Bambang, Yudono UJI RECOVERY MINYAK BUMI MENGGUNAKAN BIOSURFAKTAN BAKTERI Pseudomonas peli TERHADAP VARIASI KADAR GARAM, pH, DAN TEMPERATUR (Pembimbing). Fakultas MIPA. (Unpublished)

[thumbnail of RAHMATIKA.pdf]
Preview
Text
RAHMATIKA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penentuan recovery minyak bumi dengan menggunakan crude biosurfaktan dan kultur sel bakteri Pseudomonas peli dengan variasi kadar garam NaCl, pH serta temperatur terhadap sludge yang mengandung minyak bumi. Penentuan recovery minyak bumi didapatkan dengan menentukan % TPH (Total Petroleum Hidrocarbon). % TPH sebelum perlakuan didapatkan sebesar 40,33% dan TPH setelah diberi perlakuan dengan biosurfaktan dan kultur sel dari bakteri P. peli dengan variasi kadar garam, pH dan temperatur berturut-turut 27,667%, 28,867% dan 26,733%. Recovery minyak bumi terbesar dihasilkan dari kadar garam 6%, pH 7 dan temperatur 80 oC dengan nilai oil recovery sebesar 33,713%. Hasil uji statistika menggunakan ANOVA didapatkan F hitung > F tabel hal tersebut membuktikan bahwa biosurfaktan dari bakteri P. Peli jika divariasikan dengan garam NaCl, pH dan temperatur akan memberikan perbedaan yang signifikan terhadap recovery minyak. Hasil GC (Gas Chromatography) secara kualitatif menunjukkan bahwa biosurfaktan dan kultur sel dari bakteri P. peli dengan kadar garam 6%, pH 7 dan temperatur 80 oC mampu mendegradasi dan melarutkan senyawa hidrokarbon serta membentuk senyawa baru. Kata Kunci : Biosurfaktan, Pseudomonas peli, Recovery minyak bumi

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 47201-Chemistry (S1)
Depositing User: Dr. M.Sc. Bambang Yudono
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:58
Last Modified: 16 Nov 2021 05:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/55586

Actions (login required)

View Item View Item