PENGARUH KADAR GARAM, pH DAN TEMPERATUR TERHADAP RECOVERY MINYAK BUMI DENGAN MENGGUNAKAN BIOSURFAKTAN DARI BAKTERI Pseudomonas aeruginosa (Pembimbing)

Fopy, Ayu Meitiara and Bambang, Yudono PENGARUH KADAR GARAM, pH DAN TEMPERATUR TERHADAP RECOVERY MINYAK BUMI DENGAN MENGGUNAKAN BIOSURFAKTAN DARI BAKTERI Pseudomonas aeruginosa (Pembimbing). Fakultas MIPA. (Unpublished)

[thumbnail of rpstr Fopy ayu meitiara.pdf]
Preview
Text
rpstr Fopy ayu meitiara.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Recovery minyak bumi menggunakan biosurfakan dari bakteri Pseudomonas aeruginosa dengan menentukan pengaruh kadar garam, pH dan temperatur telah dilakukan. Pengaplikasian oil recovery pada sumur tua dilakukan pada bell siphon dengan menggunakan metode water flooding. Biosurfaktan menghasilkan oil recovery terbesar pada kadar garam NaCl 3% sebesar 33,56%. Biosurfaktan dengan variasi kadar garam NaCl terbesar divariasikan dengan pH sehingga menghasilkan oil recovery terbesar 20,14% pada pH 8. Kemudian biosurfaktan dengan variasi kadar garam NaCl dan pH terbaik divariasikan dengan temperatur sehingga menghasilkan oil recovery terbesar 26,09% pada temperatur 60oC. Hasil tersebut diuji statistika menggunakan ANOVA sehingga diperoleh F hitung > F tabel, hal ini menujukkan bahwa variasi dengan garam NaCl, pH dan temperatur memberikan perbedaan yang signifikan terhadap oil recovery minyak bumi. Biosurfaktan dari bakteri Pseudomonas aeroginosa mampu melarutkan komponen hidrokabon pada fraksi <C10, C11 – C14 dan C18 – C21 pada kondisi kadar garam NaCl 3%, Pada kondisi kadar garam NaCl 3% dam pH 8 mampu melarutkan senyawa hidrokarbon pada fraksi <C10, C11 – C14 dan >C22. Kondisi kadar garam NaCl 3%, pH 8 dan temperatur 60oC mampu melarutkan senyawa hidrokarbon pada fraksi <C10, C11 – C14 dan >C22. Kata kunci: Oil Recovery, Crude Biosurfaktan, Pseudomonas aeruginosa, Kadar Garam NaCl, pH dan Temperatur.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 47201-Chemistry (S1)
Depositing User: Dr. M.Sc. Bambang Yudono
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:39
Last Modified: 16 Nov 2021 05:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/55597

Actions (login required)

View Item View Item