PENGARUH GARAM NaCI TERHADAP UJI OIL RECOVERY MENGGUNAKAN BIOSURFAKTAN DARI ISOLAT Pseudumonas aeruginosa DAN Pseudumonas citronellolis (Pembimbing)

Uci, Dwi Lestari and Bambang, Yudono PENGARUH GARAM NaCI TERHADAP UJI OIL RECOVERY MENGGUNAKAN BIOSURFAKTAN DARI ISOLAT Pseudumonas aeruginosa DAN Pseudumonas citronellolis (Pembimbing). Fakultas MIPA. (Unpublished)

[thumbnail of rpstr UCI.pdf]
Preview
Text
rpstr UCI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Uji oil recovery minyak bumi telah dilakukan dengan mengunakan biosurfaktan dari isolat bakteri indigen Pseudomonas aeruginosa, dan Pseudomonas citronellolis yang telah berhasil diiso!asi o!eh penelitian sebelumnya yang diperoleh dan Desa Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera SeJatan. Kedua bakteri ini bersifat toleran terhadap konsentrasi garam NaCI hingga 7,5 %. Biosurfaktan dan kultur bakterinya disiapkan dengan variasi konsentrasi garam NaCl 0%, 1,5%,3%,4,5%,6%,7,5% dan diuji kemampuan oil recoverynya dari sludge yang telah terkontaminasi minyak bumi sebesar 28,19%. Hasil TPH menunjukkan bahwa biosurfaktan dan kultur bakteri Pseudumonas aeruginosa mampu menghasilkan oil recovery terbesar hingga 63,10% pada konsentrasi garam NaCl 1,5%, sedangkan biosurfaktan dari kultur bakteri Pseudomonas citronellolis mampu menghasilkan oil recovery terbesar hingga 79,46% pada konsentrasi garam NaCl 6%. Hasil oil recovery optimal dari masing-masing biosurfaktan dan kultur bakteri dianalisis dengan menggunakan metode gas chromatography untuk mengetahui kelimpahan dan komponen penyusun minyak bumi yang dapat terekstrak dengan menggunakan biosurfaktan berdasarkan waktu retensinya. Dan hasil analisis GC dapat disimpuIkan bahwa biosurfaktan mampu melarutkan senyawa hidrokarbon rantai atom C22 dan rantai atom C10-C14 hasil degradasi dari kultur bakteri P. aeruginosa, sedangkan biosurfaktan mampu melarutkan senyawa hidrokarbon rantai atom C10-C14 hasil degradasi dari kultur bakteri P. citronellolis. . Kata Kunci: biosurfaktan, garam NaCl, oil recovery, Pseudomonas aeruginosa, Pseudumonas citronellolis

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 47201-Chemistry (S1)
Depositing User: Dr. M.Sc. Bambang Yudono
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:39
Last Modified: 16 Nov 2021 05:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/55781

Actions (login required)

View Item View Item