TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SIM (STUDI PADA PEMOHON SIM A DAN SIM C DI POLRESTA PALEMBANG)

TAMBA, MARIA NITA YELENA and Susanto, Tri Agus and Nomaini, Faisal (2013) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SIM (STUDI PADA PEMOHON SIM A DAN SIM C DI POLRESTA PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img] Text
RAMA_69201_07081002077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Preview
[img] Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48MB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_69201_07081002077_025085814_0005118401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAN DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SIM”. Studi kasus dilakukan di Polresta Palembang. Dalam penelitian ini permasalahan yang ingin dilihat adalah seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Polresta Palembang dan apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan dalam pelaksanaan pembuatan SFM berdasarkan kelompok pemohon SIM A dan SIM C. Masyarakat pada penelitian ini adalah individu yang membuat SIM A dan SIM C di Polresta Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Polresta Pelembang dan mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan dalam pelaksanaan pembuatan SIM berdasarkan kelompok pemohon SIM A dan SIM C. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif serta menggunakan kuisioner sebagai instrument penelitian. Lokasi penelitian berada pada Polresta Palembang. Unit analisis pada penelitian ini adalah individu yang membuat SIM di Polresta Palembang pada tahun 2012. Penarikan sampel dengan menggunakan metode simple random sampling. Proses analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu pengujian validitas dengan mengunakan rumus korelasi produet moment dan reliabilitas data dengan mengunakan rumus split halfprocedure, pengujian normalitas data dengan menggunakan chi-quadrad, dan pengujian hipotesis dengan mengunakan rumus uji mann-whitney dikarenakan pada pengajuan normalitas data, data dinyatakan tidak normal maka jenis statistik yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan rumus uji beda menjadi rumus uji mann-whitney. Berdasarkan hasil penelitian ini maka nilai rata-rata dari seluruh jawaban responden menunjukkan hasil bahwa tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanan pembuatan SIM di Polresta Palembang adalah tidak lebih besar dari 75% atau tidak terletak di kuartil ke3. Berdasarkan hasil perhitungan terdapat perbedaan tingkat kepuasan dalam pembuatan SIM berdasarkan kelompok pemohon SIM A dan SIM C. Kata Kunci: Pelayanan Pembuatan SIM, Kepuasan Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Pembuatan SIM, Kepuasan Pelayanan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General) > JA27-34 Societies
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 18 Oct 2021 03:14
Last Modified: 18 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/55878

Actions (login required)

View Item View Item