PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN BERWAWANCARA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI S PALEMBANG

PRAMESWARI, HERLI GUSTIWORO and Alwi, Zahra and Mukmin, Suhardi (2008) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN BERWAWANCARA DI KELAS XI IPS SMA NEGERI S PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06023112022.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (56MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_02.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_03.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_04.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_05.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (970kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06023112022_0006125201_0007056002_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengelolaan, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan dengan pendekatan Berwawancara kontekstual di kelas XI TPS SMA Negeri 5 Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Berwawancara dengan pendekatan kontekstual di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengajaran bahasa dan sastra di sekolah-sekolah dengan menggunakan pendekatan tertentu. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan berwawancara di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Palembang berhasil baik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Palembang. Subyek penelitian ini dipilih dengan teknik Purposive Sample. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan teknik teknik observasi, teknik angket, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan meneliti lembar observasi, jawaban siswa dalam angket , dan jawaban guru dalam wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa guru Bahasa Indonesia telah menerapkan ketujuh komponen pendekatan kontekstual dalam pembelajaran berwawancara di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Palembang. Komponen pendekatan kontekstual, yaitu: konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (rejlection) dan penilaian sebenarnya (authentic assessment).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan kontekstual, keaktifan siswa, pokok bahasan berwawancara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121-149 Science of language (Linguistics)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:38
Last Modified: 24 Nov 2021 03:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57429

Actions (login required)

View Item View Item