PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PALEMBANG

SURYANI, SURYANI and Kasmansyah, Kasmansyah and Indrawati, Sri (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 31 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_56071002035.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_02.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_03.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_04.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_05.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (697kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_56071002035_0016065602_0012075914_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2008/2009 yang kemampuan membacanya rendah sebanyak 36 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan prosedur tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara menghitung skor tes per siklus, rata-rata hasil belajar siswa per siklus, dan persentase keberhasilan pembelajaran dengan taraf keberhasilan tindakan klasikal 85% nilai >70 (sesuai standar Kriteria Ketuntasan Minimum mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Dari hasil analisis diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui dari skor aktivitas siswa pada siklus I yang tergolong baik sebesar 50%, skor aktivitas siswa pada siklus II yang tergolong baik meningkat 63,89%, dan skor aktivitas siswa padsa siklus III yang tergolong baik mencapai 86,11%. Ditinjau dari pencapaian ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari tes awal, tes akhir siklus I, tes akhir siklus II, dan tes akhir siklus III. Pada tes awal (pra tindakan) siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 38,89%, pada siklus I ketuntasan belajar siswa naik menjadi 52,78%, pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 72,22%, sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar siswa naik lagi mencapai 88,89%. Kata kunci : membaca pemahaman, model pembelajaran kooperatif, teams games tournament

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, model pembelajaran kooperatif, teams games tournament
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:11
Last Modified: 24 Nov 2021 08:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57863

Actions (login required)

View Item View Item