KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BERWAWANCARA SISWA KELAS V SD NEGERI 92 PALEMBANG

NOVITA, DINA and Purnomo, Mulyadi Eko and Indrawati, Sri (2009) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN BERWAWANCARA SISWA KELAS V SD NEGERI 92 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112010.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (95MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112010_0007015902_0012075914_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (43MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran berwawancara pada siswa kelas V SD Negeri 92 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasieksperimen-research) dengan desain Control group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel penelitian seluruhnya beijumlah 68 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapatlah rincian 34 siswa kelas VA sebagai kelompok Eksperimen dan 34 siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berwawancara. Teknik analisis data dengan Teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 12. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal berwawancara kelompok eksperimen 61,47 dan kelompok kontrol 59,85. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6,50 pada kelas eksperimen 14 orang (41,17%), dan kelas kontrol 10 orang (29,41%). Ini membuktikan bahwa hasil tes awal siswa relatif sama. Nilai rata-rata tes akhir berwawancara kelompok eksperimen 79,26 dan kelompok kontrol 61,47. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelompok eksperimen 34 orang (100%) dan pada kelompok kontrol 30 orang (88,23%). Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berwawancara siswa pada kelas V SD Negeri 92 Palembang pada kelompok eksperimen sebesar 17,79 poin. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa t hit > t tab atau (6,879>1,997.) dengan df = (66) pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan berwawancara antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran berwawancara efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran kontekstual, model pembelajaran konvensional, berwawancara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:31
Last Modified: 07 Dec 2021 02:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/58250

Actions (login required)

View Item View Item