KEAKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 112 PALEMBANG

CINTAMI, SARI and Indrawati, Sri and Izzah, Izzah (2009) KEAKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 112 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112032.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_01_front-ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_01_front-ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112032_0012075914_0010126803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang dilaksanakan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 112 Palembang? Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran menuls puisi siswa SD Negeri 112 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Populasi sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 112 Palembang pada tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian ini beijumlah 133 siswa terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual beijumlah 34 siswa dan kelas 'v sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional beijumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis puisi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan program komputer SPSS 12. Taraf signifikansi yang digunakan sebagai penolakan atau penerimaan hipotesis adalah taraf signifikansi 95% (a = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretes) menulis puisi kelompok eksperimen sebesar 44,42 dan kelompok kontrol sebesar 38,11, nilai rata-rata tes akhir (postes) menulis puisi siswa kelompok eksperimen sebesar 58,89 dan kelompok kontrol sebesar 45,68. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 112 Palembang, yaitu pada kelompok eksperimen sebesar 14,47 poin. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung > Wi atau 9,891 >1,993 dengan df = 72 pada tingkat signifikansi 95%. Dengan demikian, Ha yang berbunyi ”ada perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional (pl # |i2), diterima.” Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran menulis puisi lebih efektif digunakan dibandingkan dengan model konvensional pada siswa kelas V SD Negeti 112 Palembang. Kata-kata Kunci: Keefektifan, model kontekstual, pembelajaran menulis puisi, SPSS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, model kontekstual, pembelajaran menulis puisi, SPSS
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:37
Last Modified: 22 Dec 2021 04:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59024

Actions (login required)

View Item View Item