Penggunaan Karbon Aktif dari Ampas Tebu dan Eceng Gondok sebagai Absorben Zat Warna Procion Merah dari Air Limbah Industri Songket (Pembimbing)

Melyza, Fitri Permanda Sari and Bambang, Yudono Penggunaan Karbon Aktif dari Ampas Tebu dan Eceng Gondok sebagai Absorben Zat Warna Procion Merah dari Air Limbah Industri Songket (Pembimbing). Pascasarjana Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Melyza Fitri P. S2 PL.pdf]
Preview
Text
Melyza Fitri P. S2 PL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian penggunaan karbon aktif dari ampas tebu dan eceng gondok untuk menyerap zat warna procion merah dari industry songket. Pembuatan karbon aktif dilakukan dengan proses karbonisasi pada temperature 450 C selama 2 jam, karbon aktif yang dihasilkan karakterisasi FTIR untuk mengetahui gugus fungsinya serta karakterisasi BET untuk mengetahui luas permukaan. Kondisi optimum adsorpsi karbon aktif dari ampas tebu dan sceng gondokterhadap procion merah dilakukan dengan beberapa variable meliputi pH, waktu kontak dan berat karbon aktif. Hasil karakterisasi FTIR pada karbon aktif dari ampas tebu dan eceng gondok terhadap procion merah dilakukan dengan beberapa variable meliputi pH, waktu kontak dan berat karbon aktif. Hasil karakterisasi FTIR pada karbon aktif ampas tebu dan eceng gondok memiliki gugus fungsi yang sama sedangkan karakterisasi BET karbon aktif dari ampas tebu dan eceng gondok masing-masing sebesar 29,2 m2/g dan 11,3 m2/g. kondisi optimum adsorpsi karbon aktif dari ampas tebu diperoleh pH optimum 5, dengan waktu kontak 90 menit dan berat karbon aktif 0,1 g, sedangkan karbon aktif dari eceng gondok pad apH optimum 5 dengan waktu kontak 60 menit dan berat karbon aktif sebesar 0,1 g. kedua karbon aktif mengikuti isotherm Langmuir, efektifitas penyerapan zat warna procion merah dari limbah cair industry songket oleh karbon aktif dari ampas tebu dan eceng gongok pada kondisi optimum, masing –masing sebesar 76,3% dan 74,9%. Kata kunci: karbon aktif, ampas tebu, eceng gondok, procion merah, limbah cair industry songket

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 11-Postgraduates Study > 95129-Environment Management (S2)
Depositing User: Dr. M.Sc. Bambang Yudono
Date Deposited: 13 Dec 2021 14:49
Last Modified: 13 Dec 2021 14:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59074

Actions (login required)

View Item View Item