Isolasi dan Uji Potensi Bakteri Pereduksi Sulfat (BPS) sebagai Agen bioremediasi tanah pascatambang batubata (Pembimbing)

Arya, Tanka Paula Putri and Yudono, Bambang Isolasi dan Uji Potensi Bakteri Pereduksi Sulfat (BPS) sebagai Agen bioremediasi tanah pascatambang batubata (Pembimbing). Pascasarjana Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Aria Yanka P. S2 PL.pdf]
Preview
Text
Aria Yanka P. S2 PL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan penambangan merupakan upaya pengelolaan material tambang melalui kegiatan mengeksplorasi bahan galian yang bernilai ekonomis tinggi dapat menjadi sumber devisa Negara dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Selain itu kegiatan penambangan juga berdampak negative terhadap lingkungan dan menimbulkan pencemaran air dan tanah. Sifat fisik kimia juga lingkungan biologi menjadi berubah ditandai dengan kandungan organic yang rendah, pH tanah rendah, kapasitas memegang air rendah, pasokan unsur hara pada tanaman tidak memadai dan bahan pembangkit asam. Lahan yang berasal dari penambangan batu bara bersifat asam karena oksidasi sulfur yang bereaksi dengan air hujan menghasilkan asam sulfat sehingga kondisi tanah asam. Kajian bioteknologi merupakan upaya yang bijaksana dalam mengatasi pencemaran lingkungan dengan agen bioremediasi berupa bakteri pereduksi (BPS). BPS dapat mendekontaminasi sulfat dengan indicator kenaikan pH yang menandakan adanya peningkatan populasi BPS dab penurunan konsentrasi sulfat. Untuk mendapatkan BPS perlu dilakukan isolasi, seleksi dan uji potensi yang berasal dari tanah pasca tambang. Penelitian ini dilakukan p[ada bulan februari – November 2019. Pengambilan sampel berupa tanah pascatambang yang berasal PT. Bukit Asam Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Tahap isolasi, seleksi dan uji potensi BPS sebagai agen bioremediasi tanah pascatambang dilakukan di Laboratorium Riset Terpadu Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya. Tujian penelitian ini untuk memperoleh isolat BPS yang berpotensi sebagai agen bioremediasi tanah pascatambang batubara. Hasil penelitian ini diperoleh sepuluh isolate BPS yang diperoleh dari tahap isolasi bakteri. Sepuluh isolate BPS yang diseleksi diperoleh empat isolate BPS yang memiliki kemiripan sifat fisik, kimia dan biologi sehingga memiliki potensi sebagai agen bioremediasi tanah pascatambang. Isolate BPS P10T1R2, P6T1R3, P5T1R1 dan P2T1R2 dilakukan uji potensipada tanah pascatambang batubar auntuk menaikkan pH dan menurunkan konsentrasi sulfat. Isolate BPS P6T1R3 merupakan isolate yang memiliki potensi dalam menaikkan pH menjadi 6 dengan presentasi kenaikan sebesar 40.3% dan mampu menurunkan konsentrasi sulfat 4340.9 ppm menjadi 3596.1 ppm dengan presentasi menurunan sulfat sebesar 17.15%. isolate BPS memiliki kemampuan dalam menaikkan pH dan menurunkan konsentrasi sulfat dapat dijadikan sebagai agen bioremediasi tanah pascatambang batubara. Kata kunci: Isolasi, Uji Potensi, Bakteri Pereduksi Sulfat, Bioremediasi

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 11-Postgraduates Study > 95129-Environment Management (S2)
Depositing User: Dr. M.Sc. Bambang Yudono
Date Deposited: 13 Dec 2021 14:49
Last Modified: 28 Mar 2022 07:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59076

Actions (login required)

View Item View Item