KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALEMBANG

RAMADHANIATI, RATIH UTAMI and Indrawati, Sri and Utami, Sri (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN DALAM KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112005.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (73MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112005_0012075914_0006125804_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model pemetaan pikiran dalam keterampilan menulis narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (cjuasiexperimental-research) dengan desain Conlrol groups pre-test postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes menulis. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 266 siswa. Untuk menggolongkan siswa kedalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatlah rincian 38 siswa kelas VIII.3 (kelompok eksperimen) yang menggunakan model pemetaan pikiran dan 38 siswa kelas VIII.5 (kelompok kontrol) yang menggunakan model konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah ada perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang diajar menggunakaan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional.Hasil penelitian ini menunjukkan perhitungan dengan rumus uji t (t test) menggunakan program komputer SPSS 12 diketahui t hitung.2,660 lebih besar dari t-tabel dengan df 74 yaitu 1,993 dengan tarafsignifikansi 5%. Dengan demikian Ha yang menyatakan ada perbedaan keterampilan menulis narasi antara siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional terbukti benar. Skor keefektifan kelas eksperimen dengan menggunakan model pemetaan pikiran lebih tinggi dibanding skor keefektifan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Nilai rata-rata tes awal (pretes) menulis narasi kelompok eksperimen adalah 39.039 siswa yang mendapat skor di atas rata-rata berjumlah 18 siswa. Sedangkan nilai rata-rata tes awal (pretes) menulis narasi kelompok kontrol adalah 33.408 siswa yang mendapat skor diatas rata-rata berjumlah 18 siswa. Ini membuktikan bahwa hasil tes awal relatif sama. Nilai rata-rata tes akhir (postes) menulis narasi kelompok eksperimen adalah 60,534 terdapat peningkatan skor yang cukup tinggi sebesar 21,495 dari skor pretes. Sedangkan nilai rata-rata tes akhir (postes) menulis narasi kelompok kontrol adalah 52,85. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus uji t pada program komputer SPSS 12 membuktikan bahwa harga t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikansi 95% yaitu t hit = 3,563 > dari t tab 2,026 dengan taraf signifikansi 5%.(2 sisi).01eh sebab itu, Ha berbunyi 44 Ada perbedaan keterampilan menulis antara siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional 44 diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pemetaan pikiran dalam pembelajaran keterampilan menulis efektif digunakan. Kata-kata kunci : keefektifan, model pemetaan pikiran, keterampilan menulis, siswa kelas VIII

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pemetaan pikiran, keterampilan menulis, siswa kelas VIII
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:49
Last Modified: 22 Dec 2021 04:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59143

Actions (login required)

View Item View Item