PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS V SEKOLAH DASAR DI PALEMBANG

RIANA, MELLY (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS V SEKOLAH DASAR DI PALEMBANG. Master thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_84103_06122503030_0017124802_0022057904_01_front.pdf]
Preview
Text
RAMA_84103_06122503030_0017124802_0022057904_01_front.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : "Pengembangan Bahan Ajur Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Pada Kelas V Sekolah Dasar Di Palembang". Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V.D SD Pusri Palembang. Penelitian ini bertujuan menghasilkan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berrbasis Kearifan Lokal yang valid, praktis dan efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (development research). Sedangkan model pengembangan yang peneliti terapkan dalam mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis kearifan lokal ini adalah model pengembangan menurut AKKER, dengan menggunakan tiga tahap yaitu pendahuluan, perancangan dan akhir. Berdasarkan maksud dan tujuannya penelitian ini digolongkan sebagai penelitian pengembangan tipe Formative Research dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan model Tessmer dengan tahapan expert review, one-to-one evaluation small group, dan field test. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan teman sejawat, observasi aktivitas siswa pada pelaksanaan prototype, pengumpulan data dengan cara test, dan observasi. Semua data yang dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa hasil pengembangan prototype Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal dapat dikatakan valid berdasarkan isi, konstruk, keterpaduan dan bahasa. Dari data dokumentasi pada small group disimpulkan bahwa untuk penggunaan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal telah mencapai kriteria kepraktisan. Sedangkan hasil uji coba prototype (Field Test) yang diberikan pada siswa kelas S.D SD Pusri Palembang berpotensi memberikan efek potensial terhadap hasil belajar siswa, dimana untuk kategori sangat baik sebesar 88,22% dan kategori cukup baik 54,34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Yang peneliti kembangkan valid, praktis dan memiliki efek potensial pada saat pembelajaran tematik terpadu khususnya kebudayaan Sumatera Selatan. Kata Kunci: Bahan Ajar, tematik terpadu, kearifan lokal, penelitian pengembangan, valid, praktis, efck potensial

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ketang Wiyono Wiyono
Date Deposited: 13 Dec 2021 14:49
Last Modified: 13 Dec 2021 14:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59205

Actions (login required)

View Item View Item