ANALISIS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI SISTEM STRUKTUR FRAME TUBE DAN WAFFLE SLAB

Sulthan, Faiz and Hanafiah, Hanafiah and Idris, Yakni (2017) ANALISIS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI SISTEM STRUKTUR FRAME TUBE DAN WAFFLE SLAB. In: Simposium II UNIID, 19-20 September 2017, Palembang.

[thumbnail of N.3-ANALISIS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI SISTEM STRUKTUR FRAME TUBE DAN WAFFLE SLAB.pdf]
Preview
Text
N.3-ANALISIS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT MENGGUNAKAN KOMBINASI SISTEM STRUKTUR FRAME TUBE DAN WAFFLE SLAB.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview

Abstract

Fungsi utama dari sistem struktur adalah untuk memikul secara aman dan efektif beban yang bekerja pada bangunan, baik itu beban vertikal ataupun beban horisontal. Untuk mengurangi lendutan vertikal akibat beban vertikal pada struktur gedung bentang lebar digunakanlah sistem struktur lantai dengan balok grid yang disebut juga dengan struktur lantai pelat berusuk (waffle slab), dan untuk mengurangi lendutan horisontal atau simpangan lateral pada struktur gedung bertingkat digunakan sistem struktur yang bekerja untuk menahan gaya lateral, salah satunya adalah sistem struktur rangka tabung (frame tube). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja struktur gedung bertingkat berdasarkan nilai simpangan lateral, dan story drift pada kombinasi sistem struktur frame tube dan waffle slab. Model gedung yang menjadi objek penelitian adalah gedung bertingkat dengan struktur beton bertulang yang memiliki 8 lantai dengan tinggi tiap lantai sama. Model gedung terdiri dari 4 model, yaitu model 1 adalah sistem rangka biasa dengan waffle slab tanpa balok pengikat, model 2 adalah sistem frame tube dengan waffle slab tanpa balok pengikat, model 3 adalah sistem rangka biasa dengan waffle slab dan balok pengikat, dan model 4 adalah sistem frame tube dengan waffle slab dan balok pengikat. Hasil penelitian ini antara lain; penggunaan frame tube dapat mengurangi nilai simpangan lateral pada sistem waffle slab yaitu dari nilai simpangan lateral maksimum sebesar 128,90 mm menjadi 81,53 mm dengan persentase pengurangan sebesar 36,7%. Penggunaan kombinasi frame tube dengan balok pengikat pada sistem waffle slab dapat mengurangi simpangan lateral maksimum sebesar 128,90 mm menjadi 61,54 mm dengan persentase pengurangan yaitu sebesar 52,3%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T51 Tables Cf. TA151 Engineering (General) Cf. TA635 Structural engineering (General) Cf. TH151 Building (General) Cf. TH434+ Estimates, quantities and cost (Building)
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Ir. Yakni Idris, MSc
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:37
Last Modified: 30 Dec 2021 02:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59419

Actions (login required)

View Item View Item