PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN METODE KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUASIN III

ARIFIN, ARIFIN and Subadiyono, Subadiyono and Aliana, Zainul Arifin (2009) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN ANTARA METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN METODE KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUASIN III. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_56071002018.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_02.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_03.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_04.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_05.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002018_0025075602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_56071002018_0025075602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (31MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran dengan metode diskusi dibanding dengan metode konvensional dalam memahami naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuasin III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan antara metode diskusi kelompok dengan metode konvensional dalam memahami naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuasin III. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pembelajaran di SMP, khususnya di SMP Negeri 2 Banyuasin III, serta dapat memberikan alternatif bagi para siswa dalam mengapresiasi drama sehingga dapat membaca dan menganalisis drama lebih objektif dan sistematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, sampel penelitian sebanyak 72 orang siswa dengan rincian 36 siswa kelas VIII.7 (kelompok eksperimen) dan 36 siswa kelas VIII.5 (kelompok kontrol) dengan metode konvensional ( ceramah). Hipotesis penelitian ini adalah metode diskusi lebih efektif daripada metode konvensional ( ceramah) dalam pembelajaran memahami naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuasin III. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes memahami naskah drama sedangkan teknik analisis data adalah teknik statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang berarti terhadap tingkat kemampuan siswa. Skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran memahami naskah drama dengan menggunakan metode diskusi lebih besar dibanding dengan skor rata-rata siswa yang mendapat pembelajaran naskah drama dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Berdasarkan pengujian mean kedua kelompok penelitian terdapat perbedaan yang signifikan. Skor rata-rata kelompok eksperimen dan skor rata-rata kelompok kontrol, yaitu dari perhitungan uji t menunjukkan t hitung > dari t tabel atau 25,05 > 0,235 (db = 72) pada tingkat kepercayaan 95 %. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode diskusi lebih efektif bila digunakan dalam pembelajaran membaca naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuasin III

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, SMP, Metode Diskusi Kelompok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600-3307 Drama
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:06
Last Modified: 27 Dec 2021 03:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59713

Actions (login required)

View Item View Item