Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Self-Assessment Terhadap Nilai Kejujuran Siswa Pada Matapelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Indralaya Utara

Fitri, Aprianingsih (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Self-Assessment Terhadap Nilai Kejujuran Siswa Pada Matapelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. PPKn, UNSRI.

[thumbnail of FITRI-APRIANINGSIH-2014-PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
FITRI-APRIANINGSIH-2014-PEMBIMBING.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Skrisi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran assessment terhadap nilai kejujuran siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design tipe time series design yang menggunakan satu kelas. teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket. teknik analisis data menggunakan uji-t. dari analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran active self-assessment terhadap nilai kejujuran siswa pada matapelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Terbukti dari rata-rata hasil observasi sebelum perlakuan 51% menjadi 76% dan hasil angket sebelum perlakuan 79% menjadi 87% menggunakan SPSS 21.0 melalui analisis uji-t diperoleh nilai t.hitung = 9.516, sedangkan t.tabel= 1.693. dengan demikian t.hitung>t.tabel, tolak Ho dan terima Ha, artinya terdapat pengaruh yang signifikal dari penerapan strategi pembelajaran active self-assessment terhadap nilai kejujuran siswa pada matapelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Kata Kunci : Strategi pembelajaran active self-assessment, nilai kejujuran siswa

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:03
Last Modified: 30 Dec 2021 03:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59841

Actions (login required)

View Item View Item