PELAKSANAAN HUKUM PIDANA ADAT SUKU BADUY DITINJAU DARI SANKSI PIDANA PEMBUNUHAN | (Studi Kasus terhadap Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Lauwidamar Kabupaten Lebak Banten)

Indah Puspa Sari, 06051281320023 (2019) PELAKSANAAN HUKUM PIDANA ADAT SUKU BADUY DITINJAU DARI SANKSI PIDANA PEMBUNUHAN | (Studi Kasus terhadap Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Lauwidamar Kabupaten Lebak Banten). PPKn, Unsri.

[thumbnail of SK Indah Puspa Sari_2019 Pembimbing.pdf]
Preview
Text
SK Indah Puspa Sari_2019 Pembimbing.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hukum pidana adat suku Baduy ditinjau dari sanksi pidana pembunuhan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Jaro “kepala adat”, warga suku Baduy Dalam dan warga suku Baduy Luar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji dependabilitas, Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hukum adalah sebagai sarana untuk menciptakan ketertiban dan keseimbangan diperlukan bagi semua masyarakat. Hukum pidana adat Baduy merupakan hukum yang tidak tertulis yang mengorientasikan penyelesaian perkara pidana secara integral yang meliputi pemulihan kepentingan korban, kepentingan pelaku dan kepentingan masyarakat. Hukum pidana adat Baduy mengenal berbagai jenis tindak pidana seperti pembunuhan berikut cara penyelesaian dan sanksi hukumnya yang selalu dimulai dari musyawarah keluarga. Kata-kata kunci: Hukum pidana adat, Suku Baduy, Pembunuhan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Hukum pidana adat, Suku Baduy, Pembunuhan.
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:20
Last Modified: 30 Dec 2021 03:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59983

Actions (login required)

View Item View Item