PENERAPAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF OLEH GURU MATAPELAJARAN PPKN (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG)

Bayu Agung Wibowo, 06111005046 (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF OLEH GURU MATAPELAJARAN PPKN (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG). PPKN, UNSRI.

[thumbnail of Bayu Agung Wibowo 2018 Pembimbing.pdf]
Preview
Text
Bayu Agung Wibowo 2018 Pembimbing.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan komprehensif oleh guru matapelajaran PPKn di SMP Islam terpadu Al Furgon Palembang penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak enam orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferabristas, ups dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analssis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analssis data dan pembahasan diketahui bahwa penerapan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan komprehensif pada proses pembelajaran PPKn di SMP Islam Terpadu Al Furgon Palembang adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pendekatan komprehensif yang diterapkan oleh guru matapelajaran PPKN, yaitu guru di setiap proses pembelajaran menanamkan nilai-nilai yang berkaitan dengan matapelajaran PPKn, menjadi teladan peserta didik, fasilitasi, dan mengembangkan keterampilan akademik dan sosial peserta didik.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:17
Last Modified: 30 Dec 2021 03:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60066

Actions (login required)

View Item View Item