PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG

HENI WIDIA NENGSI, 06111405014 (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE INQUIRING MINDS WANT TO KNOW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG. PPKN, UNSRI.

[thumbnail of PN 2016 Heni Widia Nengsi.pdf]
Preview
Text
PN 2016 Heni Widia Nengsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aku tipe Inguaring Minds Want To Know terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PKn di SMA Ncgeri 22 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental design dengan menggunakan desain noneguivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 22 Palembang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran /inquiring Minds Want To Know dan kelas X10 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan strategi pembelajaran Information Search. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik dokumentasi, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Inquiring Minds Want To Know terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 22 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil analisis melalui observasi pada kelas eksperimen sebesar 81%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 65%. Kemudian dari hasil analisis melalui uji t-test diperoleh sign = .000 dan α = .0S karena sign ˂ α, maka Ho ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian terdapat pcrbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know pada mata pelajaran PKn dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Information Search pada mata pelajaran PKn, perbedaan tersebut terjadi karena perlakuan yang berbeda. Kata Kunci: Strategi pembelajaran Inguiring Minds Wani To Know, Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:21
Last Modified: 30 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60096

Actions (login required)

View Item View Item