POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT SUKU JAWA DENGAN SUKU DAWAS DI DESA CINTA DAMAI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Dika Fitri Sari, 06101405023 (2016) POLA INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT SUKU JAWA DENGAN SUKU DAWAS DI DESA CINTA DAMAI KECAMATAN SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN. PPKn, Unsri.

[thumbnail of Dika Fitri Sari (sk).pdf]
Preview
Text
Dika Fitri Sari (sk).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Interaksi Sosial masyarakat Suku jawa dengan suku dawas di Desa Cinta Damas Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat suku jawa dan suku dawas yang melakukan interaksi sosial di Desa Cinta Damai. Pengambilan sampel menggunakan stratified proposional random samping teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisa data menggunakan hasil angket yang disebarkan kepada suku jawa dan suku dawas lalu dilihat hasil skor penilaian mengenai pendapat suku jawa terhadap suku dawas yang di peroleh nilai skor rata-rata 3,88 masuk dalam kriteria menerima berarti dapat di simpulkan bahwa Suku Jawa sebagai Suku Pendatang di Desa Cinta Damai cenderung berupaya mendekatkan diri pada Suku Dawas sebagai penduduk asli. Selanjutnya nilai skor rata-rata yang diperoleh suku dawas terhadap suku jawa 3.68 dapat di simpulkan bahwa suku dawas sebagai penduduk asli juga cenderung berupaya mendekatkan din atau menerima suku jawa sebagai suku pendatang. Kesimpulan dapat diambil dalam penelitian ini adalah Suku jawa dan suku dawas sama-sama berupaya mendekatkan Giri atau menerima kehadiran masing-masing suku di lingkungan Desa Cinta Damas. semakin tinggi tingkat pendidikan semakin menerima atau baik pula interaksi sosial masyarakat. Kata kunci: pola interaksi sosial, suku jawa dan suku dawas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pola interaksi sosial, suku jawa dan suku dawas.
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:21
Last Modified: 30 Dec 2021 03:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60101

Actions (login required)

View Item View Item